Türkçe Alfabesi

 

Dalam beberapa tahun terakhir ini, selain Korea, Jerman, Jepang, dan Arab serta beberapa segelintir negara lainnya, Turki banyak menjadi target negara yang dikunjungi oleh masyarakat Indonesia. Baik untuk para pelajar yang ingin menempuh pendidikan disamakan, maupun untuk tujuan wisata para turis.

Ditambah lagi dengan banyaknya jumlah komunitas bahasa dan lembaga insinerator yang menawarkan pembelajaran bahasa Turki bagi masyarakat Indonesia dan banyaknya pernikahan campuran antara masyarakat Indonesia dan masyarakat Turki membuat hal-hal berbau Turki semakin mudah untuk dijumpai.  

Sebagai pencinta bahasa, aku sangat senang untuk mempelajari bahasa baru. Kebetulan aku lebih suka mempelajari bahasa yang tidak banyak diketahui orang. Kejadian ini bermula sekitar tahun 2019. Saat itu aku memberikan hadiah kepada salah satu murid bundaku dan sebuah surat cinta. Di kemudian hari kakak tersebut balas memberikan hadiah dengan sebuah tulisan surat.

"Seni şeviyorum çünkü Allah, kardeşim.."

Itu kalimat akhir dari surat tersebut. Tentu saja aku sangat penasaran dengan arti katakan tersebut dan cara membacanya. Maka aku bertanya langsung pada kakak tersebut dan aku baru tahu kalau itu adalah bahasa Turki. Sejak saat itu aku mulai tertarik untuk mempelajari bahasa Turki ditambah lagi saat itu belum banyak orang yang mempelajari bahasa Turki.

Aku mempelajari bahasa Turki secara otodidak dengan fasilitas kamus dan buku bahasa Turki yang kubeli. Aku juga mulai sering menulis dan memakai kalimat bahasa Turki di selasa omonganku. Hal itu menimbulkan penasaran beberapa orang di sekitar ku.

"Katanya bisa bahasa Turki ya?" tanya beberapa orang padaku.

"Belum bu, masih baru belajar." 

"Ooh, berarti pandai bahasa Arab lah.."

HAH???

Ternyata tidak semua masyarakat tahu bahwa bahasa Turki dan bahasa Arab itu sangat berbeda. Banyak masyarakat Indonesia masih berpikiran bahwa Turki adalah negara Islam yang memakai bahasa Arab dan berada di kawasan Timur Tengah. Nyatanya tidak. Turki memakai sistem pemerintahan Republik Turki dan dipimpin oleh perdana menteri. 

Bahasa merupakan bahasa salah satu bahasa dengan tata bahasa yang unik di dunia. Bahasa Turki telah mengalami beberapa kali perubahan dan revolusi bahasa hingga akhirnya lahirlah bahasa Turki modern. Bahasa Turki modern inilah yang sekarang digunakan masyarakat Turki dan menjadi bahasa pengantar di seluruh lembaga pendidikan di Turki. 

Sebelum memakai bahasa Turki, dulu bahasa yang digunakan oleh orang-orang Turki adalah bahasa Altay yang dikemudian hari menjadi cikal bakal bahasa Turki, Korea, Jepang, Mongolia, dan lain sebagainya.  

Bahasa Turki masih serumpun dengan bahasa Jepang dan bahasa Korea karena ketiganya masih tergabung dalam rumpun bahasa Altay, sehingga tidak heran jika dilihat dari tata bahasanya, terdapat banyak persamaan dari ketiga bahasa itu.

Alfabet latin bahasa Turki berjumlah 29 huruf seperti yang tertera pada gambar dibawah. 


Yang menyenangkan dari bahasa Turki adalah tulisan dan cara membacanya sama seperti bahasa Indonesia. Namun, ada beberapa huruf dalam alfabet masa Turki yang cara pengucapannya berbeda dengan ucapan huruf yang sama dalam bahasa Indonesia, yakni :

C diucapkan seperti huruf ( J ) dalam bahasa Indonesia.

Ç diucapkan seperti huruf ( C ) dalam bahasa Indonesia.

Ğ diucapkan seperti huruf ( غ ) dalam bahasa Arab, bahkan lebih lembut lagi sehingga terdengar seperti hembusan angin. Cara bacanya dengan memanjangkan huruf vokal sebelumnya seperti öğrenci ( oorenci ).

Ö diucapkan seperti huruf ( O ) namun dengan cara pinggiran lidah kanan dan kiri menyentuh gigi geraham diatasnya dan bibir berbentuk lebih bulat.

I diucapkan seperti huruf ( E ) pada kata emas.

Ş diucapkan seperti huruf (ش) pada alfabet Arab dan ( sy ) pada alfabet Indonesia.

Ü diucapkan seperti huruf U namun dengan cara pinggiran lidah kanan dan kiri menyentuh gigi geraham diatasnya dan bibir berbentuk lebih bulat dan lebih maju ke depan.

Turki mempunyai 8 huruf vokal ( sesli harfler) yakni :

A - E - I - İ - O - Ö - U - Ü

Dan huruf konsonan ( sessiz harfler ) yaitu :

B - C - Ç - D - F - G - Ğ - H - J - K - L - M - N - P - R - S - Ş - T - V - Y - Z

Dalam Alfabet Turki, mereka tidak menggunakan huruf Qq, Ww, dan Xx.  

Dan terdapat huruf baru dalam alfabet Turki yang tidak ada dalam alfabet bahasa İndonesia seperti Ç, Ğ, I, Ö, Ü, dan Ş. 

Dalam Bahasa Turki, mereka mengenal adanya konsonan keras Yang menyenangkan dari bahasa Turki adalah tulisan dan cara membacanya sama seperti bahasa Indonesia. konsonan lembut serta vokal tebal dan vokal tipis. 

Contoh vokal tebal : A-I-O-U

Contoh vokal tipis : E-İ-Ö-Ü

Contoh konsonan keras ( sert sessiz harfler ) : 

F-S-T-K-Ç-Ş-H-P ( Fıstıkçışahap )

Contoh konsonan lembut ( yumuşak sessiz harfler ) :

B-C-D-G-Ğ-J-L-M-N-R-V-Y-Z

Tamam arkadaşlar, kali ini sekian dulu bahasan terkait alfabet.

Tunggu part selanjutnya untuk kosakata sehari -hari dalam bahasa Turki ya☺️



Komentar

  1. Saya baru tau bahasa Turki justru serumpun dengan bahasa Jepang dan Korea dan berbeda dari bahasa Arab. Tentunya lebih sulit belajar bahasa Turki daripada bahasa Arab. Thx infonya

    BalasHapus
  2. Wah keren bgt kak belajar otodidak tapi udah sefasih ini. Aku baru tau kalau bahasa Turki serumpun dengan Korea juga. Semangat terus belajar bahasa Turkinya ya kak 🤗

    BalasHapus
  3. Wowww seru ya belajar bahasa Turki. Siapa tahu nanti bisa dapat beasiswa kuliah di Turki. Turki termasuk negara yang banyak menawarkan beasiswa lhooo. Kalau saya masih belajar bahasa Korea.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Bu, memang ada banyak sekali tawaran beasiswa dari Turki, baik dari pemerintah maupun lembaga.

      Hapus
  4. Percakapan Turki yang aku dengar dalam durasi yang lama adalah pas nonton film Fetih tentang penaklukan Konstantinopel. Bahasa yang unik. Mempelajairnya pasti asyik yaa..

    BalasHapus
  5. Great article Nak.
    Gak sabar nungguin part selanjutnya terkait bahasa Turki.

    BalasHapus
  6. Masya Allah ... Yumna seorang pembelajar. Salut 😊
    Terima kasih sudah membagikan informasi ini di blog, saya jadi mulai mengenal bahasa Turki. Oya untuk kata Türkçe ... Penyebutan dalam bahasa aslinya bagaimana, apakah "TURKI" saja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertanyaan menarik Bu🥰
      Begini Bu Mugniar, dalam bahasa Turki mereka sering memakai imbuhan kata.
      Türkçe itu artinya bahasa Turki. Kalau untuk kata Turki sendiri, mereka bisa menyebutnya Türkiye dll.

      Hapus
  7. Saya suka dengan film-film turki, dulu mengerti dan hapal beberapa kata mereka tapi sekarang sudah lupa, awalnya pengen juga belajar bahasa Turki, semoga kesampaian

    BalasHapus
  8. Seruuu belajar bahasa turki jadi inget temenku yg september kemarin menikah dg orang turki. Pelan2 belajar bahasa turki dan suaminya belajar bahasa indonesia. (Gusti yeni)

    BalasHapus
  9. Banyak juga ya huruf vokal yang dimiliki. Kalau disuruh baca. Pasti awalnya bingung bedain U dengan U dengan tanda di atas..

    BalasHapus
  10. Turki memang hits banget. Apalagi pas Cappadocia viral. Banyak orang yang berkunjung ke sana. Btw, unik juga ya tulisan abjad Turki itu. Semoga segera lancar, ya, Bahasa Turkinya.

    BalasHapus
  11. Keren kak belajar bahasa secara otodidak. Saya sendiri baru tahu kalau bahasa turki masih serumpun sama bahasa Jepang. Tetap semangat ya kak, semoga bahasa Turkinya semakin lancar. ❤️

    BalasHapus
  12. Wah seru belajar bahasa Turki ya. Btw saya baru tau kalau bahasa Turki ternyata serumpun dengan bahasa Jepang dan Korea.

    BalasHapus
  13. MasyaAllah sama mbak aku juga suka banget dengan negara Turki. Karena riwayat sejarahnya bikn aku takjub. Penah loh aku coba belajar bahasa turki, eh sekarang mandek.
    Lihat postingan ini jadi semangat belajar bahasa turki lagi

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Haru di Hari Sabtu

Pentingnya Mengedukasi Remaja Tentang Kesehatan Mental

Teori Big Bang dan Kebenaran Al-Qur'an