Teori Big Bang dan Kebenaran Al-Qur'an

https://duniavinca.blogspot.com


 
Teori Big Bang atau Dentuman besar adalah sebuah teori yang menerangkan asal usul alam semesta. Teori ini mengatakan bahwa alam semesta ini pada awal mulanya adalah satu ( yaitu sebuah massa yang besar yang disebut nebula ) berdasarkan kajian kosmologi.

Dan hingga kini, teori Big Bang dianggap paling masuk akal dan lebih diterima. Kenapa? Karena ada beberapa bukti – bukti yang mengarah kesana, seperti temuan radiasi ruang angkasa. Dan para ilmuwan meyakini bahwa radiasi itu peninggalan dari Big Bang.

Dilansir dari buku Sains Qur’an Menakjubkan, menurut teori ini awalnya alam semesta padat dan panas. Lalu ia berkembang sampai sekarang. İbaratnya seperti adonan donat yang terus mengembang.

Alam semesta muncul sebagai “singularitas” sekitar 13, 7 milyar tahun lalu. Semua materi dan energi termampatkan dalam suatu zona kerapatan tidak terbatas. Dari singularitas ini, materi dan energi mengembang. Awalnya dalam waktu yang sangat besar seperti sebuah dentuman besar. Setelah itu era dominasi materi muncul. Lalu berlanjut pada proses dinamika pada awan materi (dukhan) sambil alam semesta terus mengembang.

Namun tahukah kamu bahwa jauh sebelum para ilmuwan menemukan tentang teori Big Bang ini, Al – Qur’an sudah lebih dulu menjelaskannya. Hal itu terdapat dalam QS Al – Anbiya’ ayat ke 30 yang berbunyi:
“Dan apakah orang – orang kafir itu tidak mengetahui bahwa langit dan bumi keduanya dahulu menyatu, kemudian kami pisahkan antara keduanya; dan kami jadikan segala sesuatu yang hidup berasa dari air; maka mengapa mereka tidak beriman”

Setelah terjadi ledakan besar, terbentuklah gumpalan asap yang sangat besar. Gumpalan asap itu berupa komposisi gas yang sangat rapat dan tidak tembus pandang, seperti yang dijelaskan oleh Winberg dalam bukunya yang berjudul Three Minutes, a modern View of the Origin Of the Universe. Dan kemudian dari gumpalan asap itu galaksi dan benda – benda langit lain pun tercipta.

Hal ini juga telah dijelaskan Allah dalam Al – Qur’an surah Fushshilat ayat 11 yang artinya ; “Kemudian dia menuju ke langit dan ( langit ) itu masih berupa asap...”

Lalu apa yang terjadi setelahnya?

Sebuah temuan baru ditemukan pada awal abad ke – 20. Orang yang menemukannya adalah seorang fisikawan asal Rusia dan kosmologi asal Belgia, Alexander Friedman dan George Lemaitre. Mereka menemukan fakta baru dan menghitung bahwa alam sementa ini tidak diam dan selalu bergerak dan terus berkembang dengan kecepatan yang sangat dahsyat. Para ilmuwan bahkan sampai menyamakan peristiwa mengembangnya alam semesta bagaikan permukaan dari balon yang sedang ditiup.
Seorang astronom Amerika, Edwin Hubble pada tahun 1929 sedang mengamati langit dengan telekopnya. İa menemukan fakta bahwa bintang – bintang dan galaksi terus bergerak dan saling menjauh. Hal ini menandai adanya proses pengembangan. Para peneliti menemuka bahwa di alam semesta terdapat sekitar dua triliun galaksi. Selain itu, masih ada juga triliun galaksi yang belum terdeteksi. Galaksi – galaksi itu diyakini suatu saat nanti akan kembali mendekat lalu menjadi padat sehingga terjadi lagi ledakan.

Tidak hanya Hubble, banyak ilmuwan lain yang membuktikan bahwa teori Big Bang itu benar. Seperti yang dikemukakan oleh fisikawan Jerman, Albert Einsten. Pada tahun 1900 – an, Albert Einsten menemukan persamaan dalam fisika yang dengan persamaan itu. Dia memprediksi bahwa alam semesta ini terus berkembang. Dari sinilah teori Big Bang berasal.

Berkembangnya alam semesta dan seisinya juga sudah tertulis dalam Al – Qur’an, jauh sebelum para ilmuwan mengungkapkan berbagai teori mereka. Hal ini bisa dilihat dalam surah Adz Dzariyat yang artinya berbunyi;

“Dan langit kami bangun dengan kekuasaan ( kami ), dan kami benar – benar meluaskannya,” ( QS Adz Dzariyat ayat 47 )

Seorang Profesor Geologi dan juga Kepala Departemen Geologi di Institute of Geosciences, Johannes Gutenber University, Mainz, Jerman yang bernama Dr. Alfred Kroner berkata. Bahwa tidak mungkin Rasulullah SAW mengetahui sesuatu seperti alam semesta ini berasal dari materi yang satu. Karena para ilmuwan saja baru tahu hal ini beberapa tahun yang lalu. İtu pun harus melewati berbagai penelitian yang rumit dengan teknologi yang canggih. Dia juga menambahkan, untuk seseorang yang tidak tahu apapun tentang fisika, apalagi 14 abad yang lalu, sangat mustahil bisa tahu hal ini dari hasil pemikirannya sendiri. Hal ini menjadi salah satu dari banyaknya bukti bahwa Al – Qur’an memang diturunkan oleh Allah melalui perantara Rasulullah. Dan bahwa Al – Qur’an bukan suatu perkataan asal – asalan dari seorang nabi yang ummi ( orang yang tidak bisa baca tulis )

Maha benar Allah dengan segala firmanNya..

Komentar

  1. teori big bang yang menceritakan asal usul bumi memang asik untuk dipejarai, namun sebagai umat islam sudah seharusnya juga menengok Al Quran sebagai kitab suci karena pasti did alamnya ada ilmu pengetahuan yang diturunkan oleh Allah.

    BalasHapus
  2. Masya Allah semua memang sudah dituliskan dalam Al-Qur'an yaa termasuk teori Big Bang ini. Dari mulai munculnya alam semesta hingga berkembangnya semesta ini.

    BalasHapus
  3. Menurutku sih, teori big bang adalah jalan pintas untuk menjelaskan terciptanya alam semesta. Soalnya memang akal manusia belum bisa menjangkau misteri yang amat rumit ini. Moga-moga pengetahuan soal ini semakin ilmiah dan beririsan dengan ajaran agama.

    BalasHapus
  4. Menurut saya pribadi semua sudah banyak di jelaskan dalam Al-Quran, sungguh ciptaan Allah itu luar biasa (gusti yeni)

    BalasHapus
  5. Saya pernah baca tentang ini beberapa kali dan selalu merasa betapa dahsyatnya Al Qur'an. Tentu saja saya tak pernah menyangsikan kebenarannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga pernah baca tentang teori big bang dan pembahasannya di alquran.
      Selain teori big bang, banyak juga teori-teori yang lain yang telah disebutkan di alquran

      Hapus
    2. Sebut saja teori terbentuknya janin.
      Teori tentang bintang-bintang, yang kemudian berguna bagi para pelaut.
      Dan masih banyak lagi

      Hapus
  6. Semua sudah dijelaskan dalam Alquran. Betapa maha kuasanya Allah sang Maha Segalanya. Maka merugilah manusia yang tidak menyembahnya

    BalasHapus
  7. Alquran merupakan sumber ilmu pengetahuan yang mengagumkan. Banyak sekali teori dan ilmu yang muncul setelahnya sangat sesuai dgn apa yang ada dalam alquran.

    BalasHapus
  8. Masya Allah..sungguh maha suci Allah atas segala firmannya. Begitu banyak bukti bahwa Al – Qur’an memang diturunkan oleh Allah melalui perantara Rasulullah.
    Terima kasih sudah mengingatkan Kak

    BalasHapus
  9. Dulu pernah ada video tentang keajaiban yang dibuat oleh harun Yahya (orang turki). Sayangnya orang itu sekarang menjadi anggota freemason yang banyak skandal. 😅
    Di video itu banyak sekali ilmu pengetahuan yang gak mungkin diketahui oleh orang 14 abad lalu kecuali memang Al-Quran adalah ciptaan Allah SWT

    BalasHapus
  10. Maha benar allah dg segala firman nya. Kalau udah mengkaji sains di alquran selalu kagum dibuat nya. Tapi masih penasaran dg 1 hal, apakah manusia dibumi adalah 1 satunya manusia yg ada didunia ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saking luasnya galaksi ini kadang berpikir bisa saja ada makhluk lain yang serupa manusia tapi tinggal di galaksi yang jauh ya bang

      Hapus
    2. Iya, allah menciptakan 7 langit dan 7 bumi, lamgit yg paling dekat dihiasi dengan bintang, berarti jelas lapisan nya tinggi bgt, kalai 7 bumi apa ya arti nya, apa memang ada 7 umat?

      Hapus
  11. MasyaAllah. Maha benar Allah dengan segala firmannya. Banyak sekali memang sumber pengetahuan yang ada dalam Al-Qur'an. Payahnya (bahkan saya ... sebagai muslimah) terkadang abai untuk mempelajarinya lebih dalam dibanding mempercayai berbagai temuan masa kini. Padahal Allah sudah menjelaskannya lewat perantara Rasulullah.

    BalasHapus
  12. Masyaallah. Sangat tercerahkan, Kak. Alquran adalah kitab suci yang telah terjaga sejak turunnya ke dunia hingga akhir nanti. Sungguh beruntung kita. Tinggal semangat belajar untuk meningkatkan takwa.

    BalasHapus
  13. MasyaAllah, AllahuAkbar...dan inilah literasi wajib buat semua muslim. Reminder berat buat saya. Anyway suka banget baca post ini Kak.

    BalasHapus
  14. Masyaallah, semua kejadian baik di muka bumi dan di luar bumi sudah ada dalam al qur'an. Dan sudah sepatutnya kita sebagai manusia meyakini sepenuhnya, Maha benar Allah dengan segala firman-Nya

    BalasHapus
  15. Kalau teori big bang menjelaskan karena adanya ledakan besar sedangkan Nebula, karena adanya gumpalan gas.

    Apakah yg ledakan si Nebula ini yg memunculkan adanya teori Big bang ka??

    BalasHapus
  16. Aku dulu punya koleksi video harun yahya bagus banget emang amazing yaa ciptaan Allah dan Al -Quran kitab suci umat islam banyak banget isi didalamnya yg berkaitan dg alam (gusti yeni)

    BalasHapus
  17. Banyak bocoran-bocoran tentang alam semesta ini bahkan akhirat dan kiamat termaktub di dalam Al-Qur'an, tinggal kita mau menggali dan memaknainya ya

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Haru di Hari Sabtu

Pentingnya Mengedukasi Remaja Tentang Kesehatan Mental