My First Jilbab

 
https://duniavinca.blogspot.com

Apa Itu Jilbab?

Dikitip dari Wikipedia, jilbab adalah busana muslim terusan panjang yang menutupi seluruh badan kecuali tangan dan wajah. Penggunaan jilbab berkaitan dengan tuntutan syariat Islam untuk menggunakan pakaian yang menutup aurat.

Dalil Tentang Perintah Mengenakan Pakaian yang Menutupi Aurat

“Wahai anak Adam, sesungguhnya Kami telah menurunkan kepada kalian untuk menutupi aurat kalian dan pakaian indah untuk perhiasan. Dan pakaian takwa itulah yang paling baik. Yang demikian itu adalah sebagian dari tanda – tanda kekuasaan Allah. Mudah – mudahan mereka selalu ingat.” ( QS Al – A’raf : 26 )

Dari hadits yang diriwayatkan oleh Aisyah RA. İa menceritakan bahwa saudara perempuannya, Asma’ binti Abu Bakar masuk ke rumah Rasulullah dengan berpakaian tipis. Maka rasulullaah pun berpaling dari Asma dan bersabda,

“Wahai Asma, sesungguhnya seorang wanita itu jika sudah haid ( sudah baligh ), tidak boleh terlihat dari dirinya kecuali ini dan ini. Beliau mengisyaratkan wajah dan kedua telapak tangannya.” ( HR. Abu Dawud )

Ayat Tentang Perintah Berjilbab

 “Wahai Nabi ( Muhammad ), katakanlah kepada istri – istrimu, anak – anak perempuanmu, da istri orang – orang mukmin agar mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenali sehingga mereka tidak diganggu. Allah maha pengampun lagi maha penyayang.” ( QS Al – Ahzab : 59 )

Beberapa Manfaat Memakai Jilbab Bagi Kesehatan

Umat Islam meyakini bahwa Allah mengatur segala hal untuk kebaikan manusia. Termasuk seperti perintah berjilbab. Dibalik apa yang Allah perintahkan, pasti ada alasan dibaliknya.

Kenapa perempuan diwajibkan berhijab sementara laki – laki tidak? 

Karena secara fisik laki-laki dan perempuan memang berbeda. Sehingga tugas dan tanggung jawabnya juga berbeda-beda. kulit wajah wanita ternyata lebih tipis daripada laki-laki sehingga lebih berisiko pada kanker kulit. Dan tubuh wanita lebih sensitif dibandingkan laki – laki. 

Seperti yang pernah aku baca dibuku bahwa siklus menstruasi dapat mempengaruhi kantong – kantong ASI pada ibu menyusui. Rahim sebelah kanan menghubungkan payudara sebelah kiri, dan sebaliknya, rahim sebelah kiri menghubungkan payudara sebelah kanan. ASI dilindungi oleh enzim dari seluruh tubuh. Manfaat berjilbab bagi kesehatan wanita melindungi enzim tersebut supaya tidak pecah yang langsung terdapat antibodi dan antibiotik.

Dan dibandingkan dengan laki – laki, wanita lebih beresiko terkena penyakit kanker kulit. Selain dikenal sebagai salah satu penyakit mematikan di dunia, kanker kulit juga dapat berkembang di jaringan tubuh manusia termasuk kulit. Dengan memakai jilbab, kulit akan lebih terlindung dari efek buruk sinar UV. Sehingga dapat meminimalisir terkenanya resiko kanker kulit.

Jilbab juga bisa meminimalisir terkena penyakit Solar Keratotes atau Peradangan Kulit Luar. Penyakit ini disebabkan oleh seringnya terpapar sinar matahari dengan waktu lama. Manfaat jilbab bagi kesehatan akan melindungi kulit dari sinar matahari dapat menggunakan tabir surya.

Berikut adalah beberapa manfaat berjilbab

1. Melindungi kulit dari paparan sinar matahari

2. Cegah peradangan kulit luar ( solar keratos )

3. Bebas gatal akibat matahari ( solar urticaria )

4. Meminimalisir resiko terkena penyakit kanker kulit

5. Antibodi bagi wanita

6. Melindungi dari udara panas dan dingin

Oke, lanjut part dua tentang pengalaman dan tantangan ku saat memakai jilbab ya 🙂


Komentar

  1. Pastinya dengan memakai jilbab akan lebih terjaga, karena orang tidak akan mengganggu ornag yang berjilbab. Semoga bagi yang sudah berjilbab diberikan Istiqomah. Aamiin

    BalasHapus
  2. Banyak juga manfaatnya selain untuk menutup aurat dan gangguan orang lain. Ternyata ada manfaat kesehatan dibalik jilbab.

    BalasHapus
  3. Masya Allah... ada manfaatnya dari segi kesehatan juga ya, ternyata, Mbak. Terima kasih sudah sharing, yaaa....

    BalasHapus
  4. Baru tahu ternyata dibalik penggunaan jilbab ada sejumlah manfaat yang penting banget untuk kesehatan kaum perempuan, selama ini aku rasa menggunakan jilbab lebih aman dan nyaman buat diri aku sendiri.

    BalasHapus
  5. Alhamdulillah ya. Syariat itu dibuat tidak.hanya melindungi dari luar. Tetapi juga melindungi bagian dalam tubuh wanita.

    BalasHapus
  6. Banyak manfaat fisik dari mengenakan jilbab ya..Saya juga baru ketemu paparan yang serinci ini.

    BalasHapus
  7. masyaallah banyak juga manfaatnya memakai jilbab
    Bagi saya sendiri memakai jilbab juga merupakan perjalanan panjang, walaupun saat ini masih berproses untuk mengenakannya dengan benar dan konsisten

    BalasHapus
  8. Semoga bagi yang sudah berjilbab, diberikan ke-istiqomah-an. Bagi yang belum berjilbab, semoga selalu sehat dan terus dapat berbuat kebaikan.

    BalasHapus
  9. Manfaat jilbab bagi kesehatan sungguh luar biasa. Tidak pernah dibayangkan sebelumnya. Semoga tulisan ini menjadi bagian dari syiar bagi banyak orang dalam menjalankan perintah ibadah menutub aurat dengan jilbab.

    BalasHapus
  10. Masyaallah ternyata banyak sekali manfaat memakai jilbab. Terutama untuk kesehatan kulit, karena seperti yang kita ketahui akhir-akhir ini efek radiasi sinar UV semakin meningkat. Melindungi kulit dengan pakaian tertutup tentu lebih awet untuk jangka panjang ya :)

    BalasHapus
  11. edukatif banget artikelnya. semoga mendapat tempat di page one google agar semakin banyak insan yang teredukasi.

    BalasHapus
  12. Daging artikelnya, Kak. TFS:)
    Jadi tahu saya seputar jilbab, dan memang dibalik apa yang Allah perintahkan, pasti ada alasan di baliknya termasuk terkatt jilbab yang banyak manfaatnya bagi kesehatan

    BalasHapus
  13. Alhamdulillah sangat mencerahkan nih bahasannya
    Semoga Istiqomah, aamiin...
    Ditunggu ya cerita pengalaman selanjutnya, ya....

    BalasHapus
  14. Jilbab sesuai syariah dan in syaa Allah manfaat dari sisi kesehatan punbisa didapatkan ya, Yumna. Semoga kita semua istiqomah ya berjilbab. :)

    BalasHapus
  15. İslam emang agama sesempurna dan sedetail itu menggambarkan fungsi dan maknanya

    BalasHapus
  16. Bahkan hal-hal yang demi kebaikan sendiri dijadikan Allah sebagai perintah. Dan itupun masih ada manusia yang bilang jilbab/menutup aurat itu cuma sunnah. Semoga beliau itu mendapat hidayah sebelum maut menjemput..

    BalasHapus
  17. terima kasih sudah mengingatkan kembali soal ini mba dan menjadi ladang pahala atas kebaikan yang mba ingatkan kepada pembaca khususnya saya

    BalasHapus
  18. Alhamdulillah, syariat selalu melindungi dan membuat diri merasa aman dan nyaman saat dilakukan dan dipatuhi. Termasuk jilbab yang diperintahkan jelas di Al-quran

    BalasHapus
  19. Selain diwajibkan menurut ajaran Islam, ternyata banyak manfaatnya juga ya. Di keluargaku udah dibiasakan berjilbab sejak SMP jd rasanya aku nggak memiliki tantangan apa2 terkait hijab ini. Huhu
    Ditunggu part cerita selanjutnya, Mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah ada Bu, judulnya Romance Between Me and Hijab

      Hapus
  20. Saya pun kalo ingin keluar sebentar, misalnya meriksain jemuran di hari yang sedang terik-teriknya tak lupa pake jilbab untuk melindungi kepala dari sinar UV eh dari sinar matahari.
    Kalo harinya gerimis juga ambilnya jilbab, bukan payung.
    Jilbab lebih praktis jugak.
    Ternyata manfaatnya keren ya

    BalasHapus
  21. Jadi penasaran jilbab pertamanya Yumna gimana...
    Saya pake jilbab bukan dari muda, tapi pas udah kerja lho

    BalasHapus
  22. Pengalaman memakai jilbab pertama kali bisa menjadi momen yang berkesan dan penuh tantangan, dan memakai jilbab akan lebih terjaga sehingga orang tidak akan mengganggu

    BalasHapus
  23. Segala sesuatunya itu memang berawal dari niat baik. Kalo berjilbab belum ada mungkin si cewek muslim berat buat ngelakuinnya. Tapi, di samping itu, menutup aurat wajib. Maka, niat itu mau nggak mau dipaksa sama konsekuensi kewajiban, dijalankan berpahala ditinggalkan berdosa.

    BalasHapus
  24. Memang si dengan pake jilbab inner beauty perempuan itu jadi terpancar

    BalasHapus
  25. Tiba-tiba teringat seseorang, yang hijabnya panjang. Tapi belum mampu menjaga sikap dan selalu drama. Semoga Allah beri hidayah.

    (Eh ini kok kayak ngajak gosip 🤣🤣🤣)

    BalasHapus
  26. MasyaAllah, emang hijab ini manfaatnya bukan cuma di sisi agama aja. Tapi sayang masih jarang ada yang tau, banyakan yang tau hijab tuh bikin panas padahal sih enggak

    BalasHapus
    Balasan
    1. İya, dulu juga sering ditanyai sama tetangga. Apa nggak gerah pakai hijab panas-panas

      Hapus
  27. Agama islam mengatur banyak hal termasuk yang detil detil.nah pasti ada tujuannya ya bun..termasuk aturan jilbab ini (gusti yeni)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Haru di Hari Sabtu

Pentingnya Mengedukasi Remaja Tentang Kesehatan Mental

Teori Big Bang dan Kebenaran Al-Qur'an